20 Fakta Tentang Al-Qur’an yang Wajib Kamu Ketahui

20 Fakta Tentang Al-Qur’an yang Wajib Kamu Ketahui

Sebagai umat muslim kita harus meyakini akan kebenaran yang terkandung dalam Al-Qur’an, bukan hanya menyakini tapi juga mengamalkan dan mejadikan sebagai petunjuk kejalan yang benar. Al Qur’an adalah kalam Allah swt merupakan mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW ditulis dalam mushaf dan diriwayatkan dengan mutawatir serta membacanya adalah ibadah (Dr. Subhi As-Salih).

Al-Qur’an menjadi pedoman hidup manusia dan diyakini kebenarannya hingga hari akhir, karena Allah telah menjaga keaslian isi kandungannya. Pada awalnya Al-Qur’an bukanlah kitab yang seperti kita miliki saat ini, dulunya Al-Qur’an masih di tulis di batu, dahan pohon, bahkan daun sekalipun, untuk menjaga agar tidak hilang maka dibukukanah Al-Qur’an pada masa khalifah Utsman bin Affan.

Kali ini kita akan membahas fakta tentang Al-Qur’an yang wajib kamu ketahui, tidak sedikit umat muslim di Indonesia yang belum tahu tentang fakta yang terdapat dalam Al-Qur’an atau kita yang temasuk, untuk itu kali ini kita akan bersama-sama membahas fakta-fakta tentang Al-Qur’an.

1. Surat Al-Fatihah Adalah Surat yang Paling Utama

Surat Al-Fatihah mempunyai arti “Pembukaan” dilihat dari artinya saja surat ini sudah menunjukan bahwa surat ini menjadi surat diawal, surat ini adalah surat pertama dalam Al-Qur’an, surat Al-Fatihah termasuk kedalam surat Makkiyyah dengan 7 ayat.

Mengapa surat ini menjadi surat utama? Selain memiliki arti “Pembukaan” dan berada dinomor 1 dari 144 ayat, surat ini juga menjadi surat yang wajib dihafalkan oleh seluruh umat muslim di penjuru dunia, karena surat ini menjadi surat yang wajib dibaca saat Sholat, baik sholat Fardu (Wajjib) ataupun Sholat Sunnah (Dianjurkan).

2. Al-Baqarah Menjadi Surat Terpanjang

Surat Al-Baqarah memiliki arti “Sapi Betina” termasuk kedalam surat Madaniyyah, dengan jumlah keseluruhan ayat 286 ayat. Surat ini menjadi surat kedua didalam Al-Qur’an dan mejadi surat terpajang dari 114 surat yang terdapat dalam Al-Qur’an.

3. Al-Kausar Surat Terpendek

Selain mempunyai surat terpanjang Al-Qur’an juga mempunyai surat terpendek yaitu surat Al-Kausar yang artinya “Nikmat yang Banyak” termasuk kedalam surat Makkiyyah, dengan jumlah ayat 3 ayat. Al-Kausar menjadi surat keseratus delapan dan menjadi surat terpendek.

4.  Al-Baqarah Ayat 282 Adalah Ayat Terpanjang

Di dalam surat terpanjang ada ayat terpanjang yaitu ayat 282, dengan jumlah baris 15 baris atau satu halaman (Al-Qur’an cetakan Madinah) yang berisi tentang utang-piutang, jual beli, dan saksi dalam transaksi. Ayat ini terdapat dalam halaman 48 didalam Al-Qur’an cetakan Madinah.

5. Ar-Rahman Ayat 64 Adalah Ayat Terpendek

Surat yang memiliki arti “yang maha pemurah” ini memiliki ayat terpendek, dengan hanya memiliki 6 atau 8 huruf hijaiyah “مُدْهَامَّتَانِ” artinya “Kedua surga itu (kelihatan) hijau tua warnanya”. Tepatnya ada dihalaman 533 dibaris keempat belas.

6. Ayat yang Mengandung Seluruh Huruf Hijaiyah

  1. Surat Ali’Imran(Keluarga Imran) ayat 154, mengandung seluruh huruf hijaiyah, “ثُمَّ أَنْزَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ بَعْدِ الْغَمِّ أَمَنَةً نُعَاسًا يَغْشَىٰ طَائِفَةً مِنْكُمْ ۖ وَطَائِفَةٌ قَدْ أَهَمَّتْهُمْ أَنْفُسُهُمْ يَظُنُّونَ بِاللَّهِ غَيْرَ الْحَقِّ ظَنَّ الْجَاهِلِيَّةِ ۖ يَقُولُونَ هَلْ لَنَا مِنَ الْأَمْرِ مِنْ شَيْءٍ ۗ قُلْ إِنَّ الْأَمْرَ كُلَّهُ لِلَّهِ ۗ يُخْفُونَ فِي أَنْفُسِهِمْ مَا لَا يُبْدُونَ لَكَ ۖ يَقُولُونَ لَوْ كَانَ لَنَا مِنَ الْأَمْرِ شَيْءٌ مَا قُتِلْنَا هَاهُنَا ۗ قُلْ لَوْ كُنْتُمْ فِي بُيُوتِكُمْ لَبَرَزَ الَّذِينَ كُتِبَ عَلَيْهِمُ الْقَتْلُ إِلَىٰ مَضَاجِعِهِمْ ۖ وَلِيَبْتَلِيَ اللَّهُ مَا فِي صُدُورِكُمْ وَلِيُمَحِّصَ مَا فِي قُلُوبِكُمْ ۗ وَاللَّهُ عَلِيمٌ بِذَاتِ الصُّدُورِ” ayat ini ada di halaman 70 dengan 7 setengah baris.
  2. Surat Al-Fath (Kemenangan) ayat 29, juga mengandung seluruh huruf hijaiyah, “مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ ۚ وَالَّذِينَ مَعَهُ أَشِدَّاءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاءُ بَيْنَهُمْ ۖ تَرَاهُمْ رُكَّعًا سُجَّدًا يَبْتَغُونَ فَضْلًا مِنَ اللَّهِ وَرِضْوَانًا ۖ سِيمَاهُمْ فِي وُجُوهِهِمْ مِنْ أَثَرِ السُّجُودِ ۚ ذَٰلِكَ مَثَلُهُمْ فِي التَّوْرَاةِ ۚ وَمَثَلُهُمْ فِي الْإِنْجِيلِ كَزَرْعٍ أَخْرَجَ شَطْأَهُ فَآزَرَهُ فَاسْتَغْلَظَ فَاسْتَوَىٰ عَلَىٰ سُوقِهِ يُعْجِبُ الزُّرَّاعَ لِيَغِيظَ بِهِمُ الْكُفَّارَ ۗ وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ مِنْهُمْ مَغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا” Ayat ini adalah ayat terakhir dalam surat Al-Fath dengan 6 baris di halaman 515.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *